Kamis, 23 April 2015

ECO OFFICE


Program "Eco Office" merupakan program yang melibatkan setiap personil kantor untuk berperan aktif dalam kegiatan mewujudkan lingkungan kantor yang bersih dan efisien dalam memanfaatkan sumberdaya alam dan energi serta berperilaku yang berpihak pada upaya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan.


Konsep "Eco Office" diambil dari dua kata dalam bahasa inggris yang mempunyai definisi berbeda, yaitu : 'Eco' dan 'Office'. Eco diambil dari kata ekologi (ecology) yang merupakan ilmu yang mempelajari mengenai hubungan timbal balik antara organisme satu dengan yang lain serta dengan lingkungannya. Sedangkan office mempunyai definisi sebuah institusi pemerintah maupun swasta tempat berkumpul dan beraktivitas untuk menghasilkan sesuatu sebagai upaya pemenuhan kebutuhan hidup manusia.




5 Gagasan untuk Kantor Ramah Lingkungan
Aktivitas kantor—yang umum kita jumpai—temui cenderung “tidak memihak” lingkungan. Saat mencetak dokumen digital menjadi proposal, fotokopi, pemakaian listrik untuk perangkat-perangkat elektronik, dan lain sebagainya. Jika diteruskan, maka kantor dapat menjadi salah satu kontributor global warming yang signifikan.






Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk menciptakan konsep kantor yang ramah lingkungan. Kantor besar atau kecil sekalipun, pasti ada manfaatnya. Baik untuk individu yang mengerjakan, organisasi perusahaan, dan tentunya bagi dunia secara keseluruhan.

Ada lima gagasan yang setidaknya bisa membantu kantor Anda tetap “hijau”.
“Hijaukan” Suasana

Buatlah kantor Anda “sehijau” mungkin. Caranya, dengan menanam pohon, di luar maupun di dalam. Dengan menanam tanaman di dalam ruangan, Anda akan membantu pengurangan polusi dalam ruangan. Sedangkan, untuk penanaman pohon di luar kantor bisa menjadi sarana untuk pengomposan sampah, daur ulang, dan mengatasi polusi udara.
Perlengkapan Organik

Belilah alat-alat atau perlengkapan kantor yang bisa didaur ulang, bukan hanya barang-barang yang produsennya memiliki program green living. Juga, buatlah budaya membeli senyawa organik yang mudah menguap ketimbang memilih untuk produk pembersih yang berbahaya. Furnitur Anda, karpet, cat harus terdiri dari bahan organik.



Hemat Listrik

Bekerjalah dengan penggunaan energi listrik yang lebih sedikit. Komputer di perkantoran, cenderung menjadi perangkat sentral yang diaktifkan dalam waktu yang lama, jika tidak bisa dikatakan terus-menerus. Setting komputer Anda ke dalam mode hemat energi. Dan, cobalah teknik-teknik lain untuk menghemat energi. Misalkan, mengganti komputer yang menggunakan power supply besar dengan laptop yang relatif kecil.
Manajemen Kertas

Minimalkan penggunaan kertas. Manajemen penggunaaan kertas perlu dibuat. Contohnya, dengan membeli kertas daur ulang untuk pencetakkan proposal. Untuk print test, gunakan kertas yang sudah tidak terpakai. Jangan langsung membuang kertas-kertas yang double side, yang salah satunya masih kosong. Dengan demikian, halaman itu bisa digunakan untuk cetak uji coba. Jika sudah fix, barulah cetak menggunakan kertas daur ulang.



Rapat Online

Kegiatan meeting dapat meningkatkan volume pemakaian kendaraan di jalan-jalan umum. Jika memungkinkan, gunakan media komunikasi seperti konferensi online, chat, atau format lainnya. Cukup menyulitkan, memang. Namun, bila Anda berkomitmen untuk menolong planet ini dari kerusakan yang lebih besar, “menghijaukan” kantor Anda akan menjadi kegiatan yang penting. Pasti bisa diwujudkan. Selagi ada kemauan, pasti ada jalan, bukan?

0 komentar: